7 Tips Hemat Beli Smartphone Impian 2018

Ilustrasi
Persaingan smartphone kian hari kian ketat. Apalagi zaman sekarang, penggunaan smartphone sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari seperti berbelanja online, membayar tagihan telepon sampai dengan membeli token listrik. Semua dapat dilakuan dengan menggunakan smartphone.

Dengan kemudahan tersebut, wajar saja jika kepemiikan smartphone kian hari kian meningkat. Apalagi generasi Y saat ini sudah mengenal smartphone yang digunakan untuk menonton video di Youtube. Tak heran jika orang tua pun kadang sudah membelikan smartphone bagi buah hati mereka untuk kebutuhan memainkan game, menonton sampai dengan kebutuhan komunikasi saat anak-anak sudah masuk sekolah.

Begitu pula dengan pelajar dan mahasiswa yang tak mau ketinggalan dengan tren masa kini. Meskipun kadang-kadang penggunaannya sebatas untuk selfie dan komunikasi. Namun, tetap saja smartphone menjadi salah satu kebutuhan yang tak bisa dipisahkan.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut terkadang memang tidak membutuhkan biaya yang sedikit untuk membeli smartphone idaman yang sesuai dengan impian. Salah satu solusi agar bisa mewujudkan membeli smatphone impian, salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan mengajukan kta tanpa kartu kredit.

Agar bisa menyiasatinya, sebetulnya ada beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk tetap bisa mendapatkan smartphone impian dengan cara yang hemat. Simak ulasannya berikut ini.

1. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan
Kadang kala ketika membeli smartphone dua hal ini kerap kali tidak bisa dipisahkan dengan mudah. Umumnya justru malah mendahulukan keinginan dibandingkan dengan kebutuhannya itu sendiri.

Namun, baiknya dahulukan kebutuhan terlebih dahulu di atas keinginan. Kerap kali keinginan tidak sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Jika nantinya kebutuhan smartphone hanya sebatas digunakan untuk browsing dan selfie saja, tak perlu membeli smartphone yang harganya mahal. Intinya sesuaikan smartphone sesuai dengan kebutuhannya.

2. Batasi sesuai dengan anggaran yang ada
Memiliki perencanaan keuangan sangat penting dalam kehidupan. Salah satunya adalah belajar untuk membeli smartphone sesuai dengan anggaran yang ada. Jangan pernah memaksakan diri untuk membeli smartphone diluar batas anggaran yang sudah disediakan.

Ada banyak pilihan smartphone terjangkau dalam jajaran entry level. Spesifikasi dan fiturnya pun sudah cukup mumpuni jika hanya sekadar digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Rata-rata harga smartphone entry level berkisar di bawah Rp 2 jutaan. Sementara smartphone middle level berada di kisaran Rp 5 jutaan, dan untuk kelas smartphone di atasnya berkisar di atas harga Rp 10 jutaan. Salah satu smartphone premium yang paling hit saat ini misalnya seperti iPhone X yang dijual mulai dari harga Rp 17 jutaan.

Jika memiliki anggaran terbatas namun harus memenuhi kebutuhan smartphone yang bisa menunjang pekerjaan, tidak ada salahnya jika mengajukan kta tanpa kartu kredit seperti kredit instan online yang ditawarkan oleh Kredivo.

Anda bisa mengajukan kta tanpa kartu kredit lewat Kredivo untuk membeli smartphone impian Anda dengan cara dicicil. Kredivo bahkan bisa memberikan limit kredit sampai dengan Rp 20 juta sesuai dengan profil debitur yang dianalisa dengan berbagai variabel.

3. Bandingkan dengan smartphone yang sekelas
JIka sudah mementukan kebutuhan dan anggaran dana yang ada, saatnya mulai mencari smartphone impian Anda. Tapi, jangan terburu-buru terlebih dahulu. Untuk bisa menghemat dana, bandingkan antara smartphone yang satu dengan yang lainnya.

Jangan mengandalkan smartphone berdasarkan fitur ukuran megapixel kamera saja. Salah satu poin utama adalah bandingkan dapur pacu yaitu prosesor dan juga RAM yang dimiliki oleh smartphone yang Anda incar. Semakin baik prosesor dan semakin tinggi spesifikasi RAMnya, maka harganya pun akan semakin tinggi karena sebanding dengan kinerja yang diberikan.

4. Pahami layanan garansi dan purna jualnya
Pasar Indonesia merupakan pasar yang cukup potensial bagi beberapa perusahaan dari luar negeri. Itulah sebabnya, pasar Indonesia termasuk yang dibanjiri berbagai jenis smartphone dari yang paling murah hingga yang paling mahal sekalipun.

Agar tidak mengalami kendala saat smartphone Anda rusak, baiknya ketahui dulu garansi dan layanan purna jualnya. Garansi biasanya diberikan oleh toko, distributor dan agen resmi di Indonesia. Semakin banyak perwakilan agen resminya di daerah, akan semakin baik pula layanan purna jualnya sehingga berpengaruh terhadap harga smartphonenya.

5. Rajin mencari promo online
Salah satu waktu terbaik untuk membeli smartphone baru adalah saat ada acara ulang tahun situs e-commerce dan akhir tahun. Misalnya setiap tanggal 11 November dan 12 Desember kerap diselenggarakan even Harbolnas. Pada momen itulah Anda bisa mendapatkan harga smartphone lebih murah dari harga normal.

6. Manfaatkan cicilan sesuai dengan kemampuan
Membeli smartphone dengan cara dicicil kini bukan lagi sesuatu hal yang tabu. Namun gunakan dengan bijak. Misalnya, Anda bisa mengambil cicilan smartphone yang biayanya tidak lebih besar dari 30% dari hasil pendapatan per-bulan.

Anda bisa membeli smartphone melalui pembiayaan kredit instan online seperti Kredivo. Kredivo memberikan bunga paling rendah dan transparan. Dengan bunga cicilan hanya 2.95% per bulan, Anda bisa cicil smartphone impian hingga 12 bulan.

Caranya mendaftarnya pun sangat mudah, cukup kunjungi situs  https://www.kredivo.com/ dan ikuti petunjuknya. Selain cicilan hingga 12 bulan, ada juga opsi bayar dalam 30 hari dengan bunga 0%.

7. Cari informasi review pengguna smartphone yang Anda impikan
Agar tidak menyesal setelah membeli smartphone yang Anda inginkan, baiknya cari informasi terlebih dahulu sebanyak-banyaknya tentang review pengguna. Biasanya review pengguna lebih jujur dibandingkan dengan iklan.

Share on Google Plus

About Back Space

0 comments:

Post a Comment