Tips Membuat Rumah Mungil Terasa Lebih Luas

Memiliki rumah dengan ukuran luas tanah yang besar hampir tidak mungkin terjadi, khususnya di kota besar seperi Jakarta. Tidak adanya lahan kosong merupakan faktor utama mengapa sulitnya membangun rumah di Jakarta. Kalaupun ada, harganya bisa selangit. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh agen-agen properti untuk membangun apartemen atau membuat rumah dengan ukuran mungil. Tak sedikit pula masyarakat di kota besar lebih memilih untuk tinggal di apartemen atau harus tinggal di rumah mungil.

Tinggal di rumah mungil bukan berarti Anda tidak bisa melakukan aktivtias. Anda tetap bisa beraktivtias walaupun memang terbatas. Misalnya, anak Anda tidak bisa bermain sepeda didalam rumah, mengundang banyak tamu dan sebagainya. Namun Anda tidak perlu khawatir, memiliki rumah mungil tifak menghalangi Anda dan keluarga dari rasa nyaman. Kenyamanan bisa Anda ciptakan dengan beberapa dekorasi yang dapat membuat Anda dan keluarga betah di rumah. Berikut adalah tips yang bisa Anda terapkan di rumah agar rumah Anda terasa nyaman dan luas.

Memasang kaca di rumah
Kaca merupakan elemen yang penting untuk menyiasati mungilnya ukuran ruangan Anda. Adanya kaca sebagai penghias di dinding rumah akan menimbulkan ilusi optic dan menjadikan mata Anda melihat ruangan sekeliling menjadi dua hingga tiga kali lebih luas dari kenyataannya. Hal ini disebabkan oleh sifat kaca yang memantulkan cahaya sehingga membuat ruangan terlihat lebih luas dari aslinya. Anda juga bisa menggunakan furnitur dengan bahan dasar kaca. Misal, pemisah antara ruang keluarga dengan ruang tamu, gunakan kaca. Dengan begitu ruangan akan terlihat lebih luas.

Menggunakan pajangan & furnitur seperlunya
Memiliki pajangan yang berfungsi untuk penghias atau peramai ruangan adalah ide yang bagus, namun perlu diperhatikan jika terlalu banyak menggunakan pajangan akan membuat ruangan terlihat penuh. Banyaknya pajangan di dinding atau di meja dan sebagainya akan membuat luas ruangan dari rumah Anda berkurang. Oleh sebab itu, pastikan bahwa Anda menggunakan pajangan seperlunya saja. Hal ini berlaku juga untuk penggunaan furnitur. Penggunaan furnitur yang berlebihan pada ruangan akan membuat ruangan terasa sumpek dan sempik. Sebaiknya Anda menggunakan furnitur seperlunya. Jangan sampai ruangan Anda ‘tenggelam’ oleh furnitur-furnitur Anda.

Gunakan warna-warna terang
Sama seperti kaca, fungsi utama warna terang adalah untuk memberi kesan luas pada rumah Anda. Selain itu, warna terang seperti putih dan sebagainya dapat memberi kesan bersih pada rumah. Anda bisa memilih dinding putih dengan lantai broken white sebagai warna dominan. Kedua warna tersebut dirasa ampuh untuk memberi kesan luas pada rumah Anda. Namun, perlu diperhatikan kebersihan dinding putih Anda jika memiliki anak kecil di rumah. Sebaiknya gunakan cat dinding yang dapat menahan noda masuk ke lapisan dinding serta mengandung zat penahan cairan. Hal ini akan memudahkan Anda untuk membersihkan noda yang menempel pada dinding. Dengan begitu dinding tembok Anda akan selalu terlihat bersih seperti baru.

Menggunakan perabot multifungsi
Untuk membuat rumah agar terlihat luas dari aslinya, penggunaan perabotan yang multifungsi merupakan salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan. Memiliki perabotan multifungsi seperti tempat tidur yang kolongnya bisa dijadikan lemari, sofa yang bisa diubah menjadi tempat tidur atau meja belajar yang bagian atasnya bisa dijadikan rak buku, dapat membuat space kosong di ruangan Anda dan menimbulkan kesan ruangan yang terasa luas. Memang harga yang ditawarkan untuk produk multifungsi ini tidaklah murah. Namun, tidak ada salahnya Anda sedikit berinvestasi untuk kenyamanan rumah Anda.

Itulah beberapa tips mudah dalam membuat ruangan mungil agar terasa lebih luas. Semoga informasi diatas bermanfaat!
Share on Google Plus

About Back Space

0 komentar:

Posting Komentar